Langsung ke konten utama

Fakta Tentang Formula1

Apabila menonton Formula 1 biasanya kita cuma memperhatikan jumlah putaran, berapa jumlah waktu yang ditempuh untuk satu putaran, posisi para pembalap, pembalap bahkan tabrakan, dll. Tapi dibalik itu semua ternyata banyak fakta-fakta menarik yang mungkin belum kita ketahui dalam Formula 1. dan ini dia beberapa diantaranya. mari kita simak bersama.
1. Dalam 1 kali balapan seorang pembalap rata-rata kehilangan berat sebanyak 2 Kg. Jumlah ini bisa lebih jika balapan berlangsung pada sirkuit yang panas seperti Sepang, atau Bahrain. jadi kalau ada teman-teman yang kelebihan berat badan bisa numpang mobil F1 ini saat balapan, he he… becanda….
2. Jarak pengereman yang dibutuhkan rata-rata mobil F1 dari kecepatan 200km/jam sampai berhenti sempurna adalah 55 meter. Ditempuh dalam 2 detik, menghasilkan G-force atau tekanan sampai 5,6G. Itu artinya tubuh pembalap (terutama leher) harus menahan dorongan ke depan hingga 5,6 kali berat badannya sendiri. jadi jika si pembalap mempunyai berat badan normal 70kg, pada saat proses mengerem tubuhnya akan bertambah berat menjadi 350kg. bused dah.., Buat perbandingan, mobil penumpang standar perlu jarak 120 meter untuk mengerm dari 200km/jam sampai berhenti. Dalam 4.1 detik. maka tidak jarang jika orang yang tidak biasa berada di dalam cokpit mobil F1 saat pengereman dipastikan langsung pingsan. makanya.. jangan sepelekan seorang pembalap F1. kalau atlet angkat besi mah, lewaaaat… he he..
3. Jumlah berat seluruh peralatan yang harus dibawa setiap tim F1 buat satu kali balapan adalah sebanyak 28 ton. yang terdiri atas spare parts, tools, peralatan pit-stop termasuk tiga sasis cadangan. Ada sekitar 10.000 benda spare-part dan 1500 kertas dan kantong pembungkus dengan logo team.
4. Sebuah team balap F1 setidaknya membawa 100 radio komunikasi antar anggota tim serta pembalapnya selama race weekend (kamis-minggu). Alat komunikasi lain yang dibawa antara lain 16 CPU dan lebih kurang 30 notebook/laptop. wah, wah… kalau diminta satu aja kira-kira dikasi ga ya…
5. Tempratur di dalam knalpot mobil balap F1 mencapai 950 derajat Celcius. Saat melakukan pengereman, tempratur piringan rem mobil F1 bisa mencapai lebih dari 1000 derajat Celcius. Sedangakan suhu rata-rata dalam kokpit selama balapan adalah 55 derajat Celcius. itulah mengapa tubuh para pembalap bisa menyusut hingga 2 kg lebih dalam 1 balapan.
6. Setir kemudi pembalap F1 mampu memantau tak kurang dari 15 fungsi penting dari lampu-lampu serta LCD monitor di steering wheel mobil F1. Posisi gear, putaran mesin, kecepatan, campuran bahan bakar, dan lain-lain. Di setir juga ada tombol radio komunikasi, tombol pompa air minum, serta pengatur komputer mesin dan diferensial. dan tak lupa juga dibelakang setir ada pedal atau tuas untuk memindahkan gear. jadi mobil F1 tidak memiliki tuas persneling seperti halnya mobil-mobil kebanyakan, mereka tinggal memainkan jari untuk pemindahan gigi/gear mobil F1.
7. Jumlah putaran yang harus ditempuh oleh pembalap F1 sepanjang musim balapan 2008 adalah 1124 putaran/lap. Terdiri dari 17 seri balapan di 18 negara seluruh dunia.
8. Selama race weekend tiap tim menghabiskan sekitar 1200 liter bahan bakar. Ditambah 70 liter oli mesin dan 30 liter oli girboks. Sebuah mobil balap F1 berdaya 750 dk butuh70 liter bahan bakar untuk menempuh jarak 100 km. dan itu semua tidak termasuk bahan bakar yang mereka habiskan untuk free practice
9. Khusus di sirkuit san marino, Monako, seorang pembalap bisa melakukan 3100 kali perpindahan gigi selama balapan. Di sirkuit lain pembalap “hanya” melakukan rata-rata 2500 kali perpindahan gigi. itu desebabkan oleh lebar sircuit yang sempit dan juga banyak memiliki tikungan tajam serta minim trek panjang. hmm… apa ga pegel tuh…
10. Jumlah air dan minuman ringan yang dikonsumsi oleh sebuah tim balap selama race day adalah 3300 liter. Selama balapan di sirkuit bersuhu panas seperti sepang, pembalap akan kehilangan cairan tubuh (dehidrasi) sampai 2,5 liter. yang pengen jualan air minum dijamin laris manis disini… he he..
Nah, itu dia ke 10 hal dan fakta menarik yang terjadi selama balapan F1 yang jarang kita ketahui.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Forum Terbesar Di Indonesia

10. YIC (http://www.yahoindo.com/forum.php) Forum yahoindo bukanlah forum resmi dari yahoo. Di sini kita bisa belajar banyak tentang tools-tools yahoo terutama yahoo boots dan sputer IT. 9.Ligagame (http://ligagame.com/) Ligagame adalah forum game terbesar di Indonesia, cocok bagi yg maniac game. 8.Forum Linux (http://forum.linux.or.id/) forum yg membahas segala sesuatu tentang Linux dari pengenalan linux. 7.OprekPC (http://oprekpc.com/) Forum yg khusus membahas tentang hardware komputer terutama yg hobi overclocking komputer 6. Komunitas indonesia Open Source (http://opensource.telkomspeedy.com/forum/index.php) Di sini banyak para pakar IT berkumpul. Di sini kita bisa belajar banyak tentang IT. 5. Code.web.id (http://hack.coder.web.id/) Forum yg membahas tentang keamanan internet. Bagi yg ingin menjadi hacker yg sebenarnya forum ini sangat direkomendasikan. Dg materi dasar yg diberikan dan modul sebagai latihan. di sini kita akan lebih memahami dasar dari hacking bukan hany

7 Crop Circle Terbesar di Dunia

Fenomena crop circle di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta boleh jadi yang pertama kali di Indonesia. Namun sebenarnya, ada beberapa pola serupa dengan ukuran jauh lebih besar di beberapa negara di dunia. Crop circle adalah suatu pola teratur yang terbentuk karena adanya perebahan sebagian tanaman, biasanya ditemukan di ladang pertanian, yang terkadang membentuk pola-pola tertentu. Pola tersebut seringkali terbentuk hanya dalam waktu semalam. Karena pola yang ditemukan tidak selalu berbentuk lingkaran, crop circle juga sering disebut crop formation. Sepanjang paruh ketiga abad 20, sekira 10 ribu crop formation dilaporkan ditemui di 26 negara (27 jika termasuk fenomena di Sleman, Yogyakarta) di seluruh dunia dan 90% di antaranya ada di selatan Inggris. Dari sekian banyak fenomena crop formation di seluruh dunia, berikut ini beberapa di antaranya yang dilaporkan sebagai crop formation terbesar. Namun, tidak semua crop formation ini misterius. Beberapa di antaranya merupakan buatan ma

Samarinda ku.....

Samarinda adalah ibu kota provinsi Kalimantan Timur. Kota ini memiliki sebutan Kota Tepian, yang kepanjangannya adalah “Teduh, Rapi, Indah, dan Nyaman”. Menjadi ibukota dari salah satu provinsi terbesar Indonesia membuat Samarinda  memiliki daya tarik luar biasa sebagai tujuan pariwisata. Samarinda yang dikenal sebagai kota seperti saat ini dulunya adalah salah satu wilayah Kesultanan Kutai Kartanegara. Saya yang lahir di Samarinda ini sangat mengagumi kota ini. Ini karena kota ini memiliki nuansa yang teduh, rapi, indah, dan menakjubkan. Kota Samarinda adalah salah satu kota yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan dalam dan bahkan luar negeri.             Kota Samarinda ini memiliki banyak sekali kekayaan, dari mulai pemandangannya hingga budayanya. Di Kota Samarinda ini banyak tinggal berbagai macam suku, seperti Dayak, Banjar, Kutai, Jawa, Bugis, Batak, Madura, dan masih banyak lagi. Tarian yang khas di daerah ini adalah tarian asli orang Dayak yaitu tari Hudog.