Langsung ke konten utama

Samarinda ku.....

Samarinda adalah ibu kota provinsi Kalimantan Timur. Kota ini memiliki sebutan Kota Tepian, yang kepanjangannya adalah “Teduh, Rapi, Indah, dan Nyaman”. Menjadi ibukota dari salah satu provinsi terbesar Indonesia membuat Samarinda  memiliki daya tarik luar biasa sebagai tujuan pariwisata. Samarinda yang dikenal sebagai kota seperti saat ini dulunya adalah salah satu wilayah Kesultanan Kutai Kartanegara. Saya yang lahir di Samarinda ini sangat mengagumi kota ini. Ini karena kota ini memiliki nuansa yang teduh, rapi, indah, dan menakjubkan. Kota Samarinda adalah salah satu kota yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan dalam dan bahkan luar negeri.
           
Kota Samarinda ini memiliki banyak sekali kekayaan, dari mulai pemandangannya hingga budayanya. Di Kota Samarinda ini banyak tinggal berbagai macam suku, seperti Dayak, Banjar, Kutai, Jawa, Bugis, Batak, Madura, dan masih banyak lagi. Tarian yang khas di daerah ini adalah tarian asli orang Dayak yaitu tari Hudog.  
           
 Liburan baik liburan akhir pekan maupun liburan hari-hari besar sepertinya memang paling asik di nikmati dengan jalan-jalan ke tempat-tempat wisata. Ya, saat-saat seperti inilah kita butuh meluangkan waktu buat me-refresh-kan kembali tubuh dan otak kita agar tidak stress oleh kesibukan rutinitas kita sehari-hari. Liburan dapat di isi bersama keluarga, sahabat atau teman bahkan bersama orang tercinta :p

Bagi masyarakat kota samarinda yang gak ingin ke luar kota untuk jalan-jalan liburannya mungkin bisa me-review informasi tempat-tempat wisata yang ada di kota ini. Sedikit dari saya mencoba melampirkan beberapa info ringan mengenai tempat-tempat wisata kota Samarinda. Ini adalah daftar nama-nama tempat wisata  yang pernah saya kunjunig yang ada di kota kita tercinta, SAMARINDA :) 

1. Jembatan Mahakam

Jembatan Mahakam adalah jembatan yang menghubungkan kota samarinda yang terbelah oleh aliran sungai Mahakam. Di sekitar lokasi jembatan terdapat taman yang sangat indah, jembatan ini kita temukan ketika kita baru memasuki pusat Kota Samarinda.

2. Air Terjun Pinang Seribu



 Air Terjun Pinang Seribu ini merupakan Objek Wisata Alam di Samarinda yang baru saja ramai dan masih jarang dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun wisatawan asing. Air Terjun Pinang Seribu terletak di kelurahan sempaja utara, kecamatan samarinda utara.


3.  Air Terjun Tanah Merah

Terletak sekitar 20 km dari pusat kota Samarinda tepatnya di dusun Purwosari kecamatan Samarinda Utara. Tempat ini merupakan pilihan tepat bagi wisata keluarga karena dilengkapi pendopo istirahat, tempat berteduh dengan pohon peneduh di sekitar lokasi, warung, areal parkir kendaraan yang luas, pentas terbuka dan tempat pemandian. Untuk mencapai obyek wisata tersebut, dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor baik roda dua maupun empat serta angkutan umum.




4. Tepian Mahakam ( Wisata Sungai Mahakam )



Sungai mahakam merupakan alur sungai yang mengitari sebagian besar wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Kutai Barat, dan Kota Samarinda. Aktivitas Sosial Budaya masyarakat Samarinda dapat kita saksikan, seperti contohnya adalah pemanfaatan sungai sebagai sarana transportasi untuk angkutan penumpang dan barang, serta hasil bumi yang diperdagangkan antar pulau dan diekspor ke berbagai macam negara melalui Pelabuhan Samarinda. Pemanfaatan sungai untuk mendukung kehidupan sosial sehari-hari sebagai nelayan, pedagang, ibu rumah tangga, pembuat kapal tradisional, dan lain-lain. Bila malam hari dapat pula disaksikan dan dinikmati jagung bakar, dan beberapa warung makan lainnya di sepanjang bantaran tepian mahakam ini. Saya tiap malam minggu sering sekali kesini looh :p ( curhaaaat -_-).
Di tepian ini tiap sore juga banyak sekali orang memancing, karena banyak sekali jenis-jenis ikannya, seperti ikan mujair, haruan, lele, dan lain-lain.


Wisata Rohani

1. Islamic Centre


Masjid Islamic Center Samarinda adalah masjid yang terletak di kelurahan Teluk Lerong Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia, yang merupakan masjid termegah dan terbesar kedua di Asia Tenggara setelah Masjid Istiqlal. Dengan latar depan berupa tepian sungai Mahakam, masjid ini memiliki menara dan kubah besar yang berdiri tegak.
Masjid ini sangat luas sekali, sampai-sampai saya sendiri bingung untuk menjelajah masjid ini :p. Masjid ini dapat menampung jemaah lebih dari 25.000 jemaah.

2. Masjid Raya Darussalam







Merupakan daya tarik wisata budaya yang terletak di tengah kota. Sekitar awal tahun 1990 an, dilakukan pemugaran menyerupai sebuah masjid di salah satu tempat di Timur Tengah. Masjid dengan konstruksi beton ini berlantai tiga dan dapat menampung lebih kurang 14.000 jamaah, dilengkapi dengan taman kolam dan perpustakaan.


3.Masjid Sirotul Mustaqim




Ini adalah masjid tertua yang ada di kota. Masjid ini berumur lebih dari 150 tahun. Masjid ini terletak di Samarinda Seberang. Masjid Sirotul Mustaqim ini seluruh konstruksinya dari bahan kayu. Kita pasti bertanya-tanya bagaimana cara orang dulu bisa membangun masjid semegah ini. 


Komentar

  1. aaaaa aku mau ke samarindaaaa :33

    BalasHapus
  2. ooh banyak juga ya tempat wisata di samarinda ni :o
    kapan2 saya kesana aaah....

    BalasHapus

Posting Komentar

Bagi yang tidak memiliki account facebook di sini aja gan ^_^

Postingan populer dari blog ini

10 Forum Terbesar Di Indonesia

10. YIC (http://www.yahoindo.com/forum.php) Forum yahoindo bukanlah forum resmi dari yahoo. Di sini kita bisa belajar banyak tentang tools-tools yahoo terutama yahoo boots dan sputer IT. 9.Ligagame (http://ligagame.com/) Ligagame adalah forum game terbesar di Indonesia, cocok bagi yg maniac game. 8.Forum Linux (http://forum.linux.or.id/) forum yg membahas segala sesuatu tentang Linux dari pengenalan linux. 7.OprekPC (http://oprekpc.com/) Forum yg khusus membahas tentang hardware komputer terutama yg hobi overclocking komputer 6. Komunitas indonesia Open Source (http://opensource.telkomspeedy.com/forum/index.php) Di sini banyak para pakar IT berkumpul. Di sini kita bisa belajar banyak tentang IT. 5. Code.web.id (http://hack.coder.web.id/) Forum yg membahas tentang keamanan internet. Bagi yg ingin menjadi hacker yg sebenarnya forum ini sangat direkomendasikan. Dg materi dasar yg diberikan dan modul sebagai latihan. di sini kita akan lebih memahami dasar dari hacking bukan hany

7 Crop Circle Terbesar di Dunia

Fenomena crop circle di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta boleh jadi yang pertama kali di Indonesia. Namun sebenarnya, ada beberapa pola serupa dengan ukuran jauh lebih besar di beberapa negara di dunia. Crop circle adalah suatu pola teratur yang terbentuk karena adanya perebahan sebagian tanaman, biasanya ditemukan di ladang pertanian, yang terkadang membentuk pola-pola tertentu. Pola tersebut seringkali terbentuk hanya dalam waktu semalam. Karena pola yang ditemukan tidak selalu berbentuk lingkaran, crop circle juga sering disebut crop formation. Sepanjang paruh ketiga abad 20, sekira 10 ribu crop formation dilaporkan ditemui di 26 negara (27 jika termasuk fenomena di Sleman, Yogyakarta) di seluruh dunia dan 90% di antaranya ada di selatan Inggris. Dari sekian banyak fenomena crop formation di seluruh dunia, berikut ini beberapa di antaranya yang dilaporkan sebagai crop formation terbesar. Namun, tidak semua crop formation ini misterius. Beberapa di antaranya merupakan buatan ma

Foto-foto Mumi Yang Mengagumkan

Awet muda :  Xiaohe, yang diperkirakan berumur sekitar 3.800 tahun dan salah satu yang paling sempurna diawetkan mumi yang pernah ditemukan, ditemukan di sepanjang kuno “Silk Road” rute perdagangan Asia.ribuan tahun setelah kematiannya, dalam bentuk yang masih sempurna bahkan bulu matanya masih utuh.  pameran mumi ini  di adakan pada Sabtu, Maret 27, di Bowers Museum di Santa Ana, California. Sebuah mumi kepala manusia, dianggap sebagai contoh tertua mumifikasi di sekitar 6.000 tahun, ditemukan pada tahun 1936. Di Mesir, tanggal mummifaction kembali ke sekitar 3.300 SM. Di Mesir,  Di sini, seorang pria membuka peti mati dari Dinasti ke-26 di Saqqara, Mesir. Foto: Keystone / Getty Images Foto: Keystone / Getty Images 1月01, 1920 Mumi bayi ini, diyakini berasal dari sekitar abad ke 8 SM (Sebelum Era Kristen).Foto: Courtesy of Wang Da-Gang Mar 09, 2010 Foto: Keystone / Getty Images 1月01, 1920. sebuah mumi Mesir di berikan zat asin, ini Digunakan untuk mengeringkan kulit sebe